Kamis, 24 Maret 2011

Chip AMD Bulldozer Diinformasikan lebih detail pada ISSCC

AMD memilih konferensi tahunan ISSCC (International Solid State Circuits Conference) untuk membuka tirai tentang teknologi core Bulldozer yaitu prosesor baru yang menargetkan server dan desktop high-end . Pada intnya prosesor Bulldozer adalah “modul”, yang mengintegrasikan dua core yang “terkait erat” dan core prosesor yang slim.
Menurut AMD, core ini memiliki L1 cache mereka sendiri, tetapi berbagi bandwidth tinggi sumber daya tersebut sebagai unit floating point, cache L2 serta fetch, decode dan unit prediksi untuk mengaktifkan “chip multi-threading (CMT) Intel, secara kontras menggunakan pendekatan yang disebut chip multi-processing, yang menggunakan core individu yang lengkap dan multi-threading.
AMD mengatakan bahwa Bulldozer akan berjalan pada kecepatan clock hingga 3,5 GHz. Prosesor ini akan diproduksi oleh GlobalFoundries dengan proses 32 nm. Satu modul Bulldozer dengan dua core akan menampung sekitar 213 juta transistor dan memiliki luas permukaan hanya 31 mm, termasuk cache L2.
Prosesor 8-core Bulldozer mendatang  akan memiliki lebih dari 1 miliar transistor di mana chip juga akan mengintegrasikan seluruh cache L3 serta controller HyperTransport 3.1 . Valencia Opteron masa depan, yang kemungkinan akan disebut Opteron seri 4200, akan tersedia dengan enam dan delapan core. Sedangkan Opteron 6200, dengan kode-bernama Interlagos, akan diluncurkan dengan core 8, 12 dan 16. 

0 komentar:

Posting Komentar