Senin, 03 Januari 2011

AMD Kembali Hadirkan FX


Masih ingat dengan prosesor AMD Athlon FX? Seri FX yang terakhir kali hadir di pasaran dengan AMD Athlon FX-70 di 2006 lalu itu rencananya akan dibangkitkan kembali oleh AMD di tahun 2011 ini.
Pada masanya, Athlon FX merupakan kasta tertinggi dari jajaran prosesor AMD saat itu. Seri prosesor ini memiliki kinerja yang tinggi, multiplier yang di-unlock, serta memiliki harga yang tinggi pula. Posisinya sejajar dengan prosesor Intel seri Extreme Edition kala itu.
Setelah seri FX terakhir meluncur beberapa tahun lalu, sampai saat ini AMD hanya bermain di pasar prosesor dengan harga di bawah US$300 dan membiarkan Intel melenggang sendiri dengan prosesor-prosesor ekstrim nan mahal.

Kini, dengan peluncuran platform terbaru Zambezi dan Bulldozer, AMD berencana akan menggunakan kembali nama FX ini. Berdasarkan kutipan dari DonanimHaber, varian flagship Zambezi yang memiliki 8 core akan diberi nama Vision Black FX. Sedangkan varian Bulldozer yang memiliki 4 dan 6 core akan bernama Ultimate Vision FX.

Prosesor berbasis Bulldozer akan dibuat dengan proses produksi 32nm, dan akan menggunakan soket tipe AM3+ yang akan muncul bersamaan dengan hadirnya chipset seri 9 nanti. Belum jelas soal kompatibilitas prosesor ini dengan motherboard berbasis chipset seri 7 dan 8 yang telah beredar saat ini, ataupun sebaliknya.


Sumber : infokomputer.com

0 komentar:

Posting Komentar