Jumat, 21 Januari 2011

AMD Radeon seri 6900 Terbaru yaitu Radeon HD 6970 & Radeon HD 6950

Kartu grafis AMD Radeon seri 6900 baru saja dirilis yang mendukung teknologi arsitektur dari Microsoft yaitu DirectX 11 . (DirectX 11 memungkinkan komputer untuk menjalankan 3D efek khusus grafis keren ). Seri AMD Radeon baru ini termasuk  Radeon HD 6970 dan AMD Radeon HD 6950 . Harga untuk vga card baru ini mulai dari $ 299. Itu berarti gamer bisa membeli berteriak karena bisa mendapatkan chip grafis-cepat dengan harga cukup terjangkau.
Chip baru menunjukkan bahwa AMD masih mendedikasikan diri untuk meluncurkan chip grafis berdiri sendiri (bukan terintegrasi spt AMD Fusion) di bawah nama merek Radeon. Sementara itu, AMD terus maju dengan chip combo/gabungan, yang menggabungkan microprocessor dan chip grafis pada bagian silikon yang sama. Mereka akan mulai menjual chip awal tahun depan di bawah nama merek AMD Fusion  dan akan bersaing dengan teknologi Intel bernama Sandybridge.
Kartu  grafis AMD baru akan bersaing dengan Nvidia yang baru-baru ini meluncurkan AOS GeForce GTX 580 dan 570 chip, dengan harga masing-masing $ 519 dan $ 349. Chip AMD menaarkan fitur Eyefinity, yang memungkinkan kartu grafis tunggal untuk menampilkan gambar pada sebanyak enam monitor yang berbeda pada waktu yang sama. AMD mengatakan lebih dari 60 game sekarang sudah bisa mengambil manfaat dari Eyefinity.
Chip baru menawarkan lebih banyak tessellation , efek khusus yang membuat permukaan benda tampak lebih realistis. Chip baru sekitar 2,9 kali lipat performa chip grafis AMD sebelumnya yaitu AMD Radeon HD 5870 . Tessellation adalah fitur yang paling membedakan dengan Nvidia.
Secara keseluruhan, chip grafis high-end AMD Radeon HD 6970 menawarkan 2,5 kali performa game  chip grafis AMD tercepat dari 2008. Chip baru Radeon  juga memiliki fitur non-grafis, seperti pengolahan paralel yang memungkinkan untuk kualitas pemutaran video yang lebih baik .
AMD Radeon HD 6970 memiliki lebih dari 2,64 miliar komponen elektronik yang dikenal sebagai transistor, yang merupakan blok bangunan mikroskopis dari chip. Chip Nvidia  GeForce GTX 580 memiliki 3 milyar transistor.
Chip AMD berjalan pada 880 megahertz,  1.536 core processing, memiliki kinerja yang mampu menghitung 2.7 teraflops dan dapat mendorong piksel melalui chip pada tingkat 28,2 gigapixels per detik. Sebagai perbandingan, chip Nvidia berjalan pada 772 megahertz, memiliki 512 prosesor, dan memiliki kinerja menghitung 1,58 teraflops serta apat memproses piksel pada tingkat 37,1 gigapixels per detik. (via venturebeat.com)

0 komentar:

Posting Komentar