Sabtu, 08 Januari 2011

Gemini Ancam Android


Pengguna Android, hati-hati. Sebuah trojan bernama Gemini saat ini sedang menjalar ganas di China dan segera menyebar ke seluruh dunia.
 Yang mengkhawatirkan, Gemini adalah trojanbotnet. Artinya, jika sukses terpasang ke sebuah perangkat Android, Gemini langsung terhubung ke sebuah server damemungkinkan server itu mengendalikan perangkat Android yang telah terkontaminasi. berbahaya karena memiliki cara kerja seperti
Adalah lembaga keamanan Lookout yang pertama kali menemukan Gemini. Trojan tersebut diketemukan menempel pada aplikasi sungguhan—biasanya game—yang disediakan oleh toko aplikasi pihak ketiga.
Belum jelas apa tujuan sebenarnya dari Gemini. Namun dengan cara kerja mirip botnet, Gemini bisa melakukan banyak hal. Contohnya, mengirim lokasi pemilik Android, mengumpulkan informasi sensitif pengguna, sampai menipu pengguna untuk men-download dan memasang aplikasi jahat lain.
Saat ini Gemini baru diketemukan di toko aplikasi di China, namun tidak mustahil bisa menyebar ke Indonesia. Kemunculan Gemini ini sejalan dengan ramalan seluruh lembaga keamanan yang memperkirakan tahun 2011 ini para pembuat malware akan menjadikan sistem operasi smartphone seperti sebagai sasaran utama.
Jadi, agar terhindar dari bahaya Gemini dan malware lain, sebaiknya Anda hanya memasang aplikasi dari toko resmi seperti Android Market. 

Sumber : infokomputer.com

0 komentar:

Posting Komentar