Sabtu, 08 Januari 2011

Nvidia Siapkan Chip Super untuk Ponsel


Bersiaplah menyambut kedatangan chip untuk perangkat bergerak dan telepon selular. Chip yang oleh Nvidia diberi nama Tegra 2 ini diklaim merupakan chip super pertama untuk ponsel.
Menurut siaran pers yang diterima InfoKomputer, chip ini akan menjadi otak bagi ponsel generasi mendatang dengan spesifikasi layar 4 inci serta kamera beresolusi minimal 5  megapiksel.
Nvidia menyatakan bahwa kemampuan multitasking yang ditawarkan oleh chip super ini (ditambah dukungan yang mumpuni terhadap Adobe Flash Player), memungkinkan terintegrasinya telepon cerdas (smartphone) dengan konsol game serta perangkat multimedia.
Hasil dari integrasi ini adalah munculnya konsol game yang mampu dipakai menjelajahi Internet layaknya PC, mampu menjalankan beberapa aplikasi/tugas secara bersamaan secara cepat, serta mendukung banyak sistem operasi. Semuanya dilakukan dengan tetap mempertahankan kinerja baterai agar tetap awet.
Secara teknis, Tegra 2 merupakan sebuah komputer satu chip. Tegra 2 disusun oleh CPU dual-core ARM Cortex-A9, ultra-low powered (ULP) NVIDIA GeForce GPU (untuk menampilkan game 3D serta menjalankan aplikasi 3D secara responsif), serta 1080p Video Playback Processor (untuk memutar film berformat full HD 1080p tanpa memboroskan baterai).
Salah satu ponsel yang sudah menggunakan Tegra 2 ini adalah LG Optimus 2X. Ponsel yang baru diperkenalkan di ajang CES (yang berlangsung pada tanggal 5-9 Januari 2011) ini memiliki dukungan HDMI secara penuh, dengan layar WVGA (wide VGA) 4 inci. Ponsel ini juga dilengkapi dengan memori sebesar 8 GB serta slot ekspansi microSD yang mampu menampung memori maksimal 32 GB. LG Optimus 2X juga dipersenjatai kamera beresolusi 8 megapixel (belakang) serta 1,3 megapixel (depan). Ponsel ini mampu merekam dan memutar video dengan format full HD (1080p). 

0 komentar:

Posting Komentar